Selasa, 24 Maret 2015

Ditipu Iklan Lowongan Kerja

Ini adalah bulan ketiga, hampir bulan keempat setelah saya resmi diWisudakan, Dari awal tahun, bulan Januari saetelah lulus kuliah saya melamar pekerjaan ini itu, lihat iklan dikoran, forum FB, dan informasi dari temen. selama 3 bulan ini sudah lebih dari 10 surat lamaran saya edarkan. hmm.. 'freshgraduate' memang susah untuk mencari pekerjaan, apalagi yang seperti saya ini, gak ada relasi untuk dimasukkan kerja 'secaragampang' seperti orang-orang kebanyakan.
baru-baru ini saya lihat iklan dikoran, ada Perusahaan Multinasional baru membuka Cabang di Bangka. Tepatnya di Pangkalpinang. walaupun saya sudah lumayan sering ke Pangkalpinang, ntah kenapa untuk mengingat jalan di Kota Pangkalpinang ini amat sangat susahnya. akhirnya, saya pun mencari tau sendiri alamat ke temen yang tinggal di daerah Pangkalpinang, tanya-tanya sama warga didaerah sana.

sampailah kami, waktu itu saya bersama temen dak kakak saya melamar pekerjaan, masuklah kami bertiga ke kantor, bukan terlihat seperti kantor, malah seperti rumah. awalnya saya gak curuga, dan akhirnya kecurugaan saya timbul ketika temen saya yang tinggal didaerah ini bilang, "perasaan gak ada kantor yang baru buka cabang disini, belakang sekolah cuma ada gang dan rumah-rumah orang, ntar jadi sales-sales gitu".
tapi, untuk menghilangkan rasa penasaran datanglah saya ketempat yang katanya buka kantor cabang tersebut. tiba disana,  kami duduk, amplop lamaran kami dibuka. kata si pembuka amplop, dilihatnya lamaran kami, kakak saya melamar sebagai OB, saya ADM dan teman saya Operator, kata sipembuka amplop kakak saya yang duluan interview, hari senin kemarin tepatnya, sedangkan saya dan teman saya katanya dihubungi via telfon. disitu kakak saya diminta datang hari senin mengenakan pakaian sopan, baju kemeja, sepan bahan. okee pulanglah kami kerumah.

setibanya hari senin, pergilah kakak saya jam 07:30 sesampainya disana dan pulang 09:30.
kakak saya pun bercerita.
jrenggg....
Jadi Sales, kakak saya pun menolak.
yaiyalah, orang ngelamar jadi OB kok malah disuruh jadi sales?
jadi sales kompor pula, apa apaan.
ini kedua kalinya kakak saya ditipu kaya gini.

dan sampai hari ini alhamdulilah, saya dan teman saya belum dipanggil, walaupun dipanggil, dijamin saya gak bakalan dateng.

dan dari hari itu, saya sering searching" di mbah google, cari tau apakah benar ada iklan korang yang membuka lowongan perkerjaan ini itu tapi ujung-ujungnya jadi sales...

Taraaa.... ternyata bener, hal kaya gini uda sering terjadi.
ada beberapa PT yang modelnya kaya gini, disebutinlah di blog para agan".

Semalem, saya di capture'in foto lowker di Pangkapinang.
Membuka lowongan admin 5 orang Customer Service 10 org SPG Marketing Gudang dll..
Gilee aje ni masa butuh CS 10 orang? Didaerah sini Bank juga gak ada yang sampe 10 CS.
Ehh liat PT nya, PT yang saya lihat diblog agan" yang ngelamar ini itu berujung jadi SALES..
ckckckckck
untungnya saya orangnya emang kaya gini, agak traumaan jadi sering cari tau diinternet kalo penasaran. akhirnya saya pun gak jadi ngelamar.

Ini sekedar tips dari saya..
Kalo ada lowongan pekerjaan dimanapun, ada baiknya cari tau dulu informasinya,

Kebanyakan yang nipu kaya gini, sering gak nyebutin nama PT dan Lowongan yang diberikan rada gak masuk akal.
Tapi kalo emang kalian emang niat jadi sales ya gpp ngelamar aja, 

Sekian, semoga bermanfaat ya :)

1 komentar:

  1. ko' pengalamannya sama dengan saya, tpi postingan sangat bermanfaat, terimakasih iis monnia tale

    BalasHapus